Ane baru tau di youtube yang paling banyak diakses video klipnya justin beiber........ 2 milyar view, ane mah kagak suka musik kaya gini............ trus ada senam korea, kayanya gak keren-keren banget, tapi paling banyak disuka....
Semakin banyak di view maka semakin banyak duit yang didapat, bgt kata si empunya youtube.......
Kaya arisan dunia online.........
Rame nomor satu, kwalitas nomor 9 belas
Kaya detik.com, bahas jesicca lama banget, isinya itu-itu aja, beda detik, edit dikit, biar naek rangking alexa viewsnya kali
Kamis, 10 Maret 2016
Bisnis Pinggiran............. Sebuah mimpi
Sepanjang jalan ane hitung, kaya minuman cuman modal air......... masa seratus gelas kagak laku...........
Ane cuman minta 100rb dech dari 1 jongko, paling modalnya tempat ma gelas blender gak nyampe 2 juta.........
Andai di Jakarta ada 250 kelurahan, taruh kios satu / kelurahan, kalau sehari saja 250x100rb, sebulan kalau diitung2 kata kalkutor 750000000 (msh per sejutanya harta si Zuker, duit doi nyaris 1000 Trit). berarti mesti taro di 250juta kelurahan dong, di indo saja jumlah kelurahan desa cuman dibawah 30 reboan. Pusing dech mikirin duit 1000 Tret, kaya hutang republik segitu.............
Cuman malaikat yang bisa nyamain (ngejar dr nol)........ prestasi doi
keren
Dispencer
Hari selasa lalu ketemu mas wawan............. bisnis yang namanya dispencer, untungnya gede.......... pake mikro komputer.
Kata mas wawan, baru produk dia di indonesia satu............ ok ane marketingin kalau mas wawan serius...
Kalau bener, hayu mas wawan, klu perlu kita balik export ke cina
Kata mas wawan, baru produk dia di indonesia satu............ ok ane marketingin kalau mas wawan serius...
Kalau bener, hayu mas wawan, klu perlu kita balik export ke cina
Internet
Ane sering begadang, browsing sana sini.....
Kesimpulan... Isinya yg gitu-gitu aja, kagak ada yg sulit secara teknis ilmu IT.................
detik.com website nomor satu di indonesia, kedua buka lapak................. kebanyakan media online, isinya sama aja, masing mending baca yang mistik2 seru.......... banyak hal baru meskipun mistik....
Kalau ane bikin blog, terus copas semua isi detik.com kan bisa aja.......... kuatin di index google searhing.............
Menangnya dimana? ya marketing mereka dah duluan... sehingga banyak iklan bejibun tuh yg nempel di web sumber duitnya............
Ya iklan, itu sumber duit untuk bisnis online........... ma bagi keuntungan kaya buka lapak, gojek...
Ada yg cape seperti nulis dan entry data, tipis.......... 1 artikel cmn 50 rebo, 1 koding cmn sejute kan onde...
Kalau selain itu yaa boong......... atau ngawur
Bisnis
Dari baca-baca di blog orang .....
Bisnis itu .....
- kebutuhan pasar
- perputaran modal
- dimana kita bisa dapatin barang
- kepuasan konsumen biar balik lagi
- pemasaran
- internal toko yg sinergi (gak wajib kalau masih warung)
- yang terakhir inovasi (ini yg masih jarang)
Proyek
Taon 2000an sampai 2015 ane banyak di proyek, jawa and luar jawa. 90% seluruh indonesia daratan udah ane injak..lautannya dah diselamin, jadi tau gimana Indonesia.... Dari itu semua pengalaman (link) ane ramu jadi tema bisnis baru ane (proyek2).....
Yang namanya proyek ane dah ngalamin semua, mulai dari ngelobi, ngurus pajak, nginstal unix, sampai ditangkap BPK.... sampai tau berkesimpulan rugi............ masih nguntungin bisnis WC!
Itulah kalau proyek.. masih pilih-pilih strata atau status, jadi banyak kagoknya..... kalau bisnis? ya konsumen teman kita yaaa...... rekan mah cmn support doang, buktinya pas rugi masih support??
Terjadi bener kata teman ane sekampus yg skrg jd juragan kompor (notebook)..... bisnis itu seninya di putaran dana... bukan di dana yang di dapat...............
Masih kata dia, perhatikan pasar, multi pasar.... jangan liat milyarnya , ndak papa receh tapi per detik...
Receh kaya parkir, duit deres kaya hujan.... kemarin-kemarin ane mau nyobain bisnis parkir ama mas wawan, tapi yaa gak jelas ini......
Di proyek, biasanya dapat duit di akhir, gede banget........... bulan awal sp deketin akhir puasa plus nombokin, ngeri dech....................... dimana perputarannya...? lom dana yang ilang dikasih ke investor.............. dll.
Menurut ane yang namanya bisnis tetep harus tatap muka (IT mah cuman alat), yg namanya bisnis online kaya bu****** banyak lecetnya..... ndak tau kedepan bisnis yg ginian............... walau yg punya teman se-almamater...............
Putri
Sebuah nama.....
di 10 Maret tahun lalu .......
semoga abadi (mra)
nb:
mra teh mugi rekso abadi, perusahaannya milik ............ tempat ipar kerja.
di 10 Maret tahun lalu .......
semoga abadi (mra)
nb:
mra teh mugi rekso abadi, perusahaannya milik ............ tempat ipar kerja.
Programmer ya?
Ane mulai jadi yang namanya Programmer sejak awal 2000 instensnya .... sampai kemarin masih sempet koding-koding itu......
Ternyata sekarang mah yang namanya koding itu gampang, asal dasarnya bisa... sisa copas atau cari bahan dari internet, modif dikit jadi dech.....
Yang agak berbau sain, mungkin banyak yang gak bisa untuk programmer kebanyakan....
Pengalaman ane jd programmer kagak makmur-makmur msh kalah ma ipar ane yg cmn keuangan.....
Begitu juga punya perusahaan IT, kagak maju-maju... yg maju programmer yang freelance gitu....
Sekarang sih kalau mau bikin kaya facebook atau whatapps gampang so masih masuk diotak.... cuman yg aneh tuh yg punya facebook n wa kok kaya banget ....ya mungkin menang di inovasi lah....
Pernah jualan di jualan online juga kagak ada yg laku, beli barang dari sono pun kualitas yang parah banget ....
Gimana mau ngejar si Zuckerberg, mendingan ane buka toko kelontong atau kuniler aje....
Warung la buat awal, berhubung ane bekas orang IT and proyeker, mau ane salurin itu semua hobby warung kelontong ane.... makanya ane namanya warung cerdas..... biar ide ane gak dirampok macam Zuckerberg, besok-besok mau survey lagi.........
Semalaman udah ane konsep di excel..... itu warung cerdas..... cukup 2x3 meteran, info aja barbershop ane ada kali 3x12 meteran, boros!
Barbershop yang gak nguntungin
Ane diajak bisnis yang satu ini ama si alex (nama samaran) mantan anak buah ane.
Surveylah tempat, dapat di Pondo Rangon, Toko 3 ruang Rp. 13 jute.... baru dibayar setengahnya .....
Seminggu ada lah persiapan, beresin bangku, cat, pokoknya lengkap buat 2 pencukur.... di toko ini lah si alex tinggal bertiga ma tukang pangkas tadi....
Di awal si alex nyanggupin 3 jute per bulan, jadi setahun taro lah 36 jute .....
Kemarin tempat dan alat barber lengkap abislah 19,5 jute, belon kulkas, tv, alat masak, nopi dll ....
Setahu ane kalau dirumusin dalam rumus matematika menjadi :
keuntungan = pendapatan - modal
= 16,5 jute bagi per bulan jadi 1,3 jute ye... belom gaji si alex yg 1,7 jute....
Jadinya mines yeee nombok 400 rebo.... itu pun kalau kekejar target 3 jute / bulan
si alex atau ane yang gak bisa ngitung..............
Tekor.
Surveylah tempat, dapat di Pondo Rangon, Toko 3 ruang Rp. 13 jute.... baru dibayar setengahnya .....
Seminggu ada lah persiapan, beresin bangku, cat, pokoknya lengkap buat 2 pencukur.... di toko ini lah si alex tinggal bertiga ma tukang pangkas tadi....
Di awal si alex nyanggupin 3 jute per bulan, jadi setahun taro lah 36 jute .....
Kemarin tempat dan alat barber lengkap abislah 19,5 jute, belon kulkas, tv, alat masak, nopi dll ....
Setahu ane kalau dirumusin dalam rumus matematika menjadi :
keuntungan = pendapatan - modal
= 16,5 jute bagi per bulan jadi 1,3 jute ye... belom gaji si alex yg 1,7 jute....
Jadinya mines yeee nombok 400 rebo.... itu pun kalau kekejar target 3 jute / bulan
si alex atau ane yang gak bisa ngitung..............
Tekor.
Perjalanan ke Unisma
Perjalanan ini hari ke toko teman di daerah bekasi timur deket Kampus Unisma. Toko radio, jelas bukan radio yang ada di rumah-rumah. Tapi radio pemancar yaitu bagaimana alat untuk mengolah suara di ruang siaran menjadi gelombang radio FM yang dipancarkan lewat menara setinggi 40 meteran kurang lebih.
Tahun 2014 ane pernah dapatin kerjaan kaya gini di Kaltim, makanya kenal ma teman ini (ahmad dhani).
Dari rumah jam sebelasan siang naek angkot yang ke cileungsi bayarnya Rp. 5.000. Dari sana ke Unisma naek metromini yang arah ke Bekasi ongkosnya Rp. 10.000. Kira-kira jam setengah dua ane nyampe lampu merah Unisma.
Disono ngaso dulu di warung si bapak yang dari waduk darma kabupaten kuningan, katanya sih jaga warung orang. Cuman kayaknya harga minumannya lebih mahal seribu atau lebih dibanding di warung deket rumah atau indomari atau alfamari. Ngobrol ngaler ngidul habisin minuman kayaknya ada 5-6 peembeli (bisnis gini yang ane mau). Sambil ngobrol ane nanya biaya sewa (katanya sejuta sebulan) ... dst dst
Dari warung terpaksa naek ojek Rp. 15.000 ke toko kawan yang dituju, paling gak lima menit nyampe... dasar ojek mahal banget. ya ga papa lah ngasih rizki....
Di toko kawan lama juga, nanya ini itu ... So jam empat kami balik, dari depan unisma ane sambung angkot kijang 02 yang arah ke pondok gede .....
Delapan ribu ongkosnya, dari angkot ane jalan dulu cari mushola. Dari gang mushola naek KR, di tengah jalan abis tol cikunir tepatnya di alfamari ada yang jual Sop Kambing Tiga Saudara, (Ane kasih angkot ampat rebu aja) kesukaan dimari.... Lumayan 5 potong (1 potongnya 5 rebu) total ma teh manis dingin total 34 rebu kayanya......
Abis makan sambung lagi naek KR sampai depan rumah goceng........
Warung Cerdas
Warung Cerdas
Merah artinya berani, biru artinya cerdas ...
Buat ide logo warung baru ane, terinspirasi dari Logo Linux RedHat :
Merah artinya berani, biru artinya cerdas ...
Buat ide logo warung baru ane, terinspirasi dari Logo Linux RedHat :
Berhubung ane orang IT, pernah punya perusahaan IT maka dikit banyak masih jiplak logi dari dunia IT, yaitu OS Linux RedHat. Tahun lalu ane pernah buat logo mirip-mirip waralaba terkenal dengan nama jepang tapi kayanya kagak hoki maka sudahi aja.
Langganan:
Komentar (Atom)